Pelajaran, Teknologi, Motivasi dan Catatan

Apa yang di dapatkan dari "KULIAH" ?

Kuliah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia mempunyai arti "pelajaran yang diberikan" atau "ceramah". Namun istilah "kuliah" sering dipahami sebagai kegiatan belajar-mengajar di jenjang pendidikan tinggi. sumber : wikipedia.org

Pertanyaan :

  •  Kuliah penting nggak sih ? 
  •  Bikin orang sukses gak ? 
  •  Bisa ngejamin kita bisa dapet kerja ? 
  •  Bisa ngejamin kita berbisnis ?
           Beberapa kali saya tanyakan hal itu sama beberapa orang teman sebaya, kakak kelas, dan orang-orang yang tidak saya kenal tentang apa sih yang kalian dapat dari kuliah itu ? Penting nggak siih organisasi dalam kuliah ? Di pake nggak dalam dunia kerja ? Kalo mau bisnis bagaimana ?

Adapun tujuan kuliah diantaranya adalah sebagai berikut :

NILAI

          Adalah suatu kebanggan tersendiri apabila mendapatkan nilai tinggi diatas rata-rata, apalagi yang IP (Index Prestasi) nya mencapai 4. Apa itu bisa menjamin kesuksesan ?

          Ketika saya tanyakan kepada beberapa teman, sebagian menjawab, mencari ilmu, kata dia mencari ilmu, dapet nilai C protes :3 , ngeluh, tugas nyontek, responsi nyontek, ujian nyontek, final projek titip nama, tetap saja bibir berbeda dengan hati. Okay, beberapa mencari nilai, ya, nilai itu penting untuk di dapatkan , karena nilai dijadikan sebagai tolak ukur kemampuan kita seberapa paham kita dalam matakuliah tersebut .


RELASI

           Ada juga dia kuliah hanya mencari relasi untuk berbisnis, mikir nggak sih ? kalo bisnis tanpa adanya ilmu, hanya ngandelin relasi aja, bisa sukses ? menjalankan bisnis juga ada ilmu dasarnya.      
            Biasanya orang yang tujuan kuliahnya hanya mencari relasi, dia akan ikut banyak komunitas-komunitas terutama komunitas bisnis yang ada diluar kampus, sehingga dia terlalu banyak memiliki teman dan dia terkadang terlihat seperti pilih-pilih teman, ketika dia punya teman yang lebih "menguntungkan" yang sesuai dengan passion dia, yang sesuai dengan tujuan dia, yang bisa berbisnis, dia akan ikut orang tersebut, sedangkan yang di anggapnya "kurang menguntungkan" atau tidak sesuai akan ditinggalnya. Karna memang tujuan dia "mencari relasi" yang dapat menghasilkan uang, relasi yang menguntungkan buat dia.


ILMU

sumber : alfahmu.com

          Ini nih jawaban sejuta umat, mencari Ilmu, mencari ilmu ya sungguh, "Seseorang dapat dinilai dari perkataannya dan perbuatannya" . Ilmu disini tidak spesifik, karna pada dasarnya ilmu itu ada 2 yaitu Hard Skill dan Soft Skill
          
          Belajar ilmu Hard Skill dengan cara banyak-banyaklah untuk :

1. Berlatih
2. Membaca
3. Mendengarkan
4. Memperhatikan
5. Menyampaikan

          Belajar ilmu Soft Skill bisa dengan cara :

1. Perbanyak senyum
2. Ikut komunitas/ perkumpulan
3. Bersikaplah yang baik
4. Belajar memimpin, kalaupun belum bisa memimpin kelompok, jadilah pemimpin untuk dirimu sendiri
5. Kendalikan emosi

                 Disamping itu, untuk wanita yang beragama islam, beberapa ada yang mencari ilmu untuk menjadikannya pintar dan bisa mendidik anak-anaknya (y) , ahli syurga, insya Allah, aamiin.
                 Kalo untuk laki-laki ya harus bisa cari uang, dialah pemimpin keluarga, yang paking bertanggungjawab untuk keluarganya . Eh, ini bahas apasih, oleeyy, lanjut...

IJASAH



           Ada kalanya seseorang itu sudah bekerja, kemudian dia ingin melanjutkan kuliah dengan alasan untuk mendapatkan ijasah, entah ijasah itu dipakai untuk menaikkan pangkat dan lain sebagainya .


BERPETUALANG


                                                   sumber gambar : paketwisatajogja.net

             Ya, berpetualang mencari suasana yang baru, misalnya mencari kuliah diluar pulau biar tau bagaimana kondisi, suasana dan orang-orang yang ada di luar pulau tersebut. Bisa bermain ke tempat-tempat wisata, ataupun menaiki gunung.

MINAT DAN BAKAT

              Setelah lulus SMA/SMK , mungkin ada yang ikut ekstrakurikuler, Musik misalnya, trus di perkuliahan dia juga mencari jurusan yang tidak jauh berbeda dengan ekstrakurikuler yang dia ikutin di SMA/SMK . Di situ dia akan banyak belajar :) .

               Di perkuliahan ada banyak komunitas-komunitas dan UKM UKM serta ORMA yang bisa dijadikan sebagai wadah untuk kita mengembangkan bakat, misal bosen kuliah capek mikirin tugas, trus , kemudian ki kumpul2 dengan mereka, dsitulah kita jadi memiliki keluarga baru.

         
okey, sekarang coba beralih ke sesi pertanyaan :
Kuliah penting nggak sih ? 

Yaaa, penting, di dunia perkuliahan kita bisa belajar banyak mulai dari akademik, yaitu belajar dari jurusan kuliah , ataupun belajar non akademik, belajar bekerjasama, bersosialisasi, pengabdian masyarakat .

Bikin orang sukses gak ? 

Kalo yang ini, sukses disini maksudnya apa nih ? sukses jadi orang kaya ? yah, anda sendiri dapat mengartikan kesuksesan yang anda maksud kesuksesan yang seperti apa .

Mau jadi seperti apa kita besok itu tergantung diri sendiri, anda maunya jadi seperti apa anda besok ? Kuliah enggak menjamin kesuksesan, faktor utama penentu kesuksesan adalah diri anda sendiri

Bisa ngejamin kita bisa dapet kerja ? 

Pas kuliah, pengin cepet-cepet wisuda, pas udah wisuda, tinggal bingung mau ngapain . Sebagian besar kampus di Indonesia, mereka hanya memfasilitasi kita untuk mendapatkan pendidikan, untuk mendapatkan ilmu , setelah lulus dan mendapatkan ijasah, yaudah mereka lepasin kita gitu aja, setelah kita lulus yaudah, itu tanggung jawab kita , mau lanjut kuliah lagi, atau mau mencari pekerjaan .

Bisa ngejamin kita berbisnis ?

Bisnis ya ? uuum.., engga juga siih, misal nih di matakuliah udh ada tuh matakuliah bisnis/kewirausahaan dan sejenisnya, tapi kalo kita emang nggak minat dan nggak mau berusaha dibidang bisnis, yaaa kuliah pun nggak ngejamin kita bisa bisnis.

Seperti pas bagian atas tadi, kembali ke tujuan kuliah untuk mencari relasi, dengan adanya ini, kalo emang minatnya di bisnis, mungkin bisa dijadikan untuk memperlancar tujuan utama untuk berbisnis :) .

kalau ada pertanyaan atau ha-hal yang membingungkan atau yang tidak sesuai bisa tulis di komentar :)

pesan  : "Mau jadi seperti apa kamu besok, tergantung apa yang kamu lakukan hari ini"

Sekian dan Terimakasih


Tag : Kuliah
0 Komentar untuk "Apa yang di dapatkan dari "KULIAH" ? "
Back To Top