Pelajaran, Teknologi, Motivasi dan Catatan

Cara Memotivasi Agar Semangat Belajar

                 Apa manfaat belajar ? Untuk apa kalian belajar ? Untuk mendapat nilai ? Untuk mendapat ilmu ? Ketahuilah belajar untuk mendapat ilmu itu lebih baik dari pada hanya untuk menambah nilai . Namun, tidak saya pungkiri,  nilai juga penting adanya, untuk mendaftar sekolah selanjutnya maupun untuk mendaftar pekerjaan .


                                                Sumber gambar


                  Jika kita belajar untuk mendapatkan ilmu, pelajaran tersebut tidak akan mudah kita lupakan. Belajar untuk memahami, bukan menghafal. Akan tetapi menghafal juga di perlukan,  menghafal untuk hal-hal tertentu saja yang perlu untuk di hafal.

Sekarang poin-poin yang kita perlukan untuk mendapatkan semangat belajar yakni :

1. Motivasi

                    Motivasi belajar mempengaruhi kemauan individu untuk meningkatkan semangat belajar. Orang yang berhasil adalah orang yang mampu mempertahankan semangatnya dikala orang lain kehilang semangatnya . Motivasi utama yang kita butuhkan adalah motivasi yang berasal dari dalam diri kita sendiri. Positif thinking untuk membaca buku, tanamkan pada diri sendiri bahwa kita yakin bisa memahami materi .

2. Konsentrasi

                    Konsentrasi penuh ketika guru / dosen sedang menerangkan . Dengarkan dengan baik, bertanyalah hal-hal yang kita belum mengerti, catatlah hal-hal penting, karena dengan mencatat akan lebih mudah diigat daripada yang tidak mencatat.
                    Selain konsentrasi di tempat belajar, kita juga perlu konsentrasi di rumah . Buatlah suasana nyaman untuk belajar, dengan hawa yang tenang, cobalah membuka buku dan baca lah , coba untuk "fokus" , jika kalian merasa jenuh, istirahat lah sebentar dengan makan / mendengarkan musik, kemudian ulangi lagi yang kalian pelajari dengan santai , jika kalian tidak paham materi lagi, matikan musik dan jauhkan dari barang-barang yang sekiranya mengganggu, kemudian melajar lagi.  

3. Bergaul dengan orang yang rajin belajar

                      Nabi Muhammad SAW,bersabda “Sesungguhnya kawan duduk dalam rupa orang yang shalih dan kawan duduk dalam rupa orang yang suka maksiat adalah seumpama tukang minyak wangi dan pandai besi. Tukang minyak wangi boleh jadi akan mencipratkan minyak wangi ke badanmu, atau engkau membeli minyak wangi dari dia, atau engkau mendapatkan bau harum dari dirinya. Adapun pandai besi boleh jadi memercikkan api ke bajumu atau engkau mendapati bau busuk dari dirinya.” (Mutaffaq ‘alaih).
                        Jika kita bergaul dengan orang yang rajin belajar, inshaa Alloh semangat belajar kita akan naik . Melihat dia belajar, masa kita tidak ? , hal tersebut akan memacu kita untuk lebih dan lebih rajin lagi untuk belajar .

4. Jangan biarkan dinding kamar anda bersih

                        Tempel kata-kata motivasi dan juga buat target jangaka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Yakinlah bahwa kata-kata motivasi dan tulisan target kita tersebut akan selalu menumbuhkan niat dan tekat kita untuk belajar . Tulislah yang besar dengan hiaslah sesuai dengan selera kalian . Tempel di tempat yang sekiranya sering di lihat.

5. Hargai waktu

                         Time Lost can't be found again "Waktu yang hilang tak dapat ditemukan kembali" . Pernahkah anda mendengar/membaca kata-kata tersebut ? Saya membacanya di Sekolah SMA saya setiap saya berangkat sekolah , lebih tepatnya letaknya berada di atas koridor .
                          Waktu itu penting, jangan pernah sia-siakan waktumu untuk bermalas-malasan . Gunakan waktumu semaksimal mungkin. Kalaupun anda sering insomnia, ikuti kata-kata bang Rhoma Irama "Begadang jangan begadang , kalau tak ada artinya . Begadang boleh saja kalau ada perlunya" . Jadi, dari pada begadan yang tidak ada manfaatnya lebih baik istirahatkan badan . Jikalau anda begadanga, cobalah untuk membaca buku, saya tahu ini sulit , tapi apa salahnya mencoba, tidak ada yang sia-sia di dunia ini .
Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan sebesar zarah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.
(QS. Al-Zalzalah 7-8)

Semoga bermanfaat ^_^

cara belajar semangat semangat untuk belajar kata kata semangat kata semangat belajar motivasi belajar motivasi semangat belajar kata-kata semangat belajar semangat dalam belajar kata-kata semangat agar semangat belajar
Tag : Motivasi
23 Komentar untuk "Cara Memotivasi Agar Semangat Belajar"

Blognya menarik :)
kunjungi blog ku jug ya http://www.akenecihiko.site.bz

paling senag saya itu , motivasi gan

Mantap gan,mampir ke blog ane gan..

okeee dh mau otw niih mau mampir.. jangan lupa makanannya yh :D

iyaa khoirun.. sama aku jugaaa.. nuat nambah semangat.. ya nggakkk ??

Terima kasih, cukup menginspirasi :)

Terima kasih, cukup menginspirasi :)

Gan mau nanya, apa yah yg terkadang membuat seseorang menjadi malas blajar ?

@Mohamad Romadhon : kurang niat, belum ada tujuan yang jelas, faktor lingkungan yang kurang nyaman, faktor internal suasana pikiran dan hati tidak pass, mungkin itu diantaranya

Agak membantu👌👌👍👍

Terimakasih komentarnya :)

kak minta tipsnya dong biar selalu semangat belajar ... soalnya aku tuh penyakitnya kadang semangat kadang enggak kak :(

pokoknya, nggak ada ruginya kita belajar, seorang ahli berasal dari seorang pemula, aku ingin menjadi orang yang memiliki pengetahuan yang luas, jadi enak ngobrol sama orang manapun bisa nyambung,

kak, boleh nanya ngga,,, saya ngga tau nih kak, tujuan atau cita" saya apa, jadi males banget klo belajar otoditak gtu,belajar tuh kalo ada tugas aja, jadi saya ngga tau kak, bakat apa gtu yg saya punya tuh,gmana ya kak cara menggali bakat terpendam kita?

kerjakan apa yang kamu sukai :) kamu paling suka kegiatan apa ?

Kak Rose, masih kesulitan nih buat semangat belajar. Kak punya gk motivasi paling dahsyat yang bisq membuat slalu dan sllu semangat untuk belajar??

Kalo aku siih, carilah ilmu sebanyak mungkin, cari ilmu itu nggak ada ruginya.. jadi kita harus belajar.. selain itu kita juga wajib berbagi dengan sesama, dengan berbagi, kadang kita juga mendapatkan sesuatu.. hehehe, ada kenikmatan tersendiri.. dan itulah yang bikin aku jadi pengin pengin dan terus dan terus untuk belajar..

Makasih kakak... bantu banget ^^ ... jadi ada pencerahan :D

Back To Top