Pelajaran, Teknologi, Motivasi dan Catatan

Cara Membagi Partisi (Local Disk C , D ,E) Tanpa Software di Windows 7


Cara membagi partisi dengan windows 7 tanpa software

Partisi berasal dari bahasa Inggris yaitu partition atau pembagian . Jadi partisi disk dapat diartikan sebagai pembagian disk/pembagian memory . Hardisk pada komputer/laptop sebenarnya cuma ada 1, karena sudah di bagi-bagi jadi ada 3 kelompok, biasanya local disk C, Local Disk D dan Local Disk E.



Okey kita lanjutkan cara membagi partisi:


1. Buka "computer management" dengan mengetik computer management pada startmenu


2. Buka disk management












3. klik kanan pada partisi yang akan di pisah. Klik shrink Volume















4. Masukan volume yang akan di buat, kalau aku sebagai contoh aku masukin 5000 = 5GB,. Gak berani banyak-banyak, soalnya datanya banyak..















5. Klik kanan pada volume yang baru tadi dan pilih new simple volume

















6. Muncul ini, klik next

















7. Klik next

















8. Pilih drive , missal drive J kemudian klik next

















9. Pilih file system, NTFS/FAT32, contohnya NTFS dan nama volume label















10 Kemudian klik next dan finish

Itu pengalaman saya membagi partisi.. heheheee... semoga bermanfaat artikel cara membagi partisi tanpa software di windows 7
Tag : Komputerr
102 Komentar untuk "Cara Membagi Partisi (Local Disk C , D ,E) Tanpa Software di Windows 7"

Nice info, Thanks.
Aku coba yaa...
Kalo ga berhasil balik lagi :D

iyaa aku udh nyoba sndiri bisa kox.. insya Alloh bisa :)

kalo yang C nya di partisi lg bs gak om?

bisa kox.. :) Silahkan di coba... :)

apa harus back up data dulu?

Tidak usah di back up dulu jg gpp..

pas buka disk manajement nya,
cuma ada localdisk C aja,
D dan E gak ada..
kira" itu gmna ya mas??
mohon solusinya

@Radhiyah Shohibatussalam : klo cuma ada C saja artinya bisa jadi Local Disk D / E kena hidden atau memang hardisk nya belum di bagi/dipartisi .

d laptop saya ini, yg ada cuma C aja, dn blum d partisi. kalo d buat partisi skrg, apa data-data yg ada di C bisa hilang ya ??

Kalo local disc C penuh,bisa dibagi partisi ke disk lain g?

Maksudnya mau nambah memory Local Dick C dengan memory Disk lain ? waah sepertinya tidak bisa, kecuali kalau kamu format semua hardisknya dan membagi ulang partisi saat install ulang . Soalnya ketika saya mencoba membagi partisi dan menggabungkannya kembali, nggabungnya itu harus di partisi semula .
Tapii kalau memakai software partition atau easus saya tidak tau, mungkin jika menggunakan software bisa.

Kok disk C saya "Extend" nya disable ya? cara bikin enable nya gmn? tau gak?

kok ga berhasil ya, gimana donk ????

klo wktu shrink volume trus muncul the rpc server unavailable gmn tu??

thanks berhasil dan bisa ngistal dual boot

Thank's gan sucess caranya...:D

makasih atas infonya
www.giribig.com
www.idcheat.com
www.duniagame.info

Terimakasih atas infonya sudah dicoba dan berhasil.. hehe

sangat membantu,terimakasih :D

Kebetulan nama saya juga Daniswara. MAKASIH : )

@bewi : ok ok
@daniswara : hehe iya gan.. kebetulan nama kita sama :)

Work kak :D wahh keren nihh .

Terimakasih yach, Sy sukses mempraktekkannya. Tips yang sangat berharga.

Bagus gan tutorial nya, trims,
berhasil

Bermanfaat sekali informasinya. Semoga barakah dan tambah ramai blognya ^_^

Kalau partisi c nya gag bisa d format dan d extend gimana gan???
Tolongin dink gan

ka klo di laptop aku cuma ada data C gmna aku blm mksud

Yes,.. berhasil..
thx gan
tp gkbs jd DATA D ya?

Aamiin.. terimakasih sekali atas do'anya

C JANGAN DI FORMAATT.... tanpa di format bisa kok gan :)

Kalo cuma ada C, yaudah langsung di bagi aja ngga apa2.. ngga pahamnya di bagian mana nya yh ??

Iyaa.. iyaa gan.. kadang2 nggak bisa uruttt...

This comment has been removed by the author. - Hapus

kenapa yah partisi saya di laptop axio pico hanya C dan E?? Padahal di laptop lain partisinya C dan D.

kalau mempartisi local disc C, aman gak ya??? coz disana windows system nya terinstall

terima kasih atas cara yang di share
(y)

kemaren aku kebetulan mau bagi , udah aku pake caranya tapi sebelum aku ubah namanya drive yg unlocated itu gak sengaja aku extend, trus pas aku buat data e bisa kebuat, pas mau buat lagi kok yang seharusnya sisa 400 gb jadi cuma sisa 95 gb ya , itu kenapa ya gan ? mohon bantuannya :'(

kok d coba nge srink ga bs yah??

Kalo mau tambah partisi c dari e bisa ngga?

om kalau d udah ada isinya apa nanti datanya ilang?

kalo udah ada isinya , ngga ilang kok..

Gan, kalau mau digabung sama local disk C tapi Extendnya gak enable gimana ?

Data C nya gak bisa di partisi gan, Extend nya gak bisa di klik, ada cara lain gan...???

Gan, aku baru beli laptop tapi disk nya kok cuma ada 2, C dan E. Lha yang D-nya kemana ya??

Jadi yang harus aku partisi yang disk E-nya ya? Boleh aku bikin disk baru yang namanya D?

Jadi agak bingung juga hehe

@Ilmupengetahuan : udah di delete volume belum ? udah di delete partition belum ?

@Cah Liee : coba pakek software easus partition dan sejenisnya

@Widaningrum : coba search, cek di disk manajement, local disk D nya ada ngga ? ke hiden ngga ??

Data hilang gak? gue takutin :(
Gimana nih

dg hardisk 320gb saya partisi mjd c dan d. tp mslhnya partisi c kapasitasnya 150gb an. mau saya pecah lg kok gk bisa, pdhl untuk c itu kan sktr 20gb an aja sdh cukup.

C 20GB cukup :o ? pake Sistem Operasi apa gan ? ngga berniat install aplikasi/ software-software lain kah ? coba di defrag dulu han hardisknya :)

Mas hardish komputer saya cuma 80gb trs mau d tambah yg 500gb apakah hardish baru tersebut bisa langsung ditambahkan ke lokal disc c atau hrs instal ulang?

@ Rifqy Hidayat : sebelumnya,itu mau di tambah atau di ganti Hardisk nya yah ?

This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus

Permisi gan, saya coba gak bisa gan,, setlah tahap terakhir can't ,,,,,, gmna tu gan??

Berhasil......
Thanks...Gan!

maaf mbak, mau tanya, saya mau bagi local disc c, langkah 1-4 sudah berhasil. tapi volume yang kebentuk itu namanya jadi "unallocated" trus langkah terakhir jadinya gak berhasil, comentnya "dinamic disk are not supported by disk operating system or server configuration. dinamyc disk are not supported on cluster"
itu gimana ya?
trus kalo mau balikin lagi volume disk c nya gimana? mohon bantuannya. terimakasih.

Makasih gan. Sangat membantu:)

trima kasih ini sangat membantu saya gan.tapi masih ada sedikit masalahnya lagi kan klu saya ingin menambahkan disk dari C ke E itu gimana caranya gan?.
misalkan disk C 239,72 GB. sedangkan disk E 4,88 GB.

itu kan masih banyak disk C nya dan disk E terlalu dikit bagian nya menurut saya gan.mohon bantuan nya y gan

@kaum muslimin : boleh liat SS nya ?
@ilmudasar dan teknik : ok sama2, terimakasih udah mau berkunjung
@Unknown : coba klik kanan pada partisi, klik new simple volume, next next next
@fadli habibi : ok sama2, makasih juga gan undah berkunjung
@harsiska Yulita : coba pake software partisi, kayak Easus Partition mbak, nanti di geser2 dan atur lagi partisinya

@harsiska : Easeus Partition, yg di atas typo wkwkwk

Gan saya agak bingung dan takut laptop saya kan partisi hardis nya cuma ada sistem C. Aja
Lo di bagi 2 jadi disck .D gmn apa yg di disck C gak ke format.? Soal nya install,an windows ada di disck C. Frogram2 di situ. . .

@boses engga keformat kok :)

Agan2 yg ganteng tth2 yang cantik.. saya mau nanya.. klo hdd (C)system di bagi lagi bakalan pengaruh nggk ya... soalnya pasnginstal lupa ga smpet d bikin D dan E

Engga pengaruh kok pada file2nya

tenk nonk gw udah bisa
ternyata praktis juga

semoga ilmunya bermanfaat ?

makasih kak, artikel ini, cara menambah volume disk c di windows 7 nya, sangat membantu kak. masalah saya solved alhamdulillah :)

THANKYOU BERMANFAAT BANGETTTT KAK

Saya ngepartisi C, memorinya dah ngurang, tpi yang setengahnya kok gk ada,

@Muhammad yasin ,boleh liat screenshoot nya ?

thanks broo. sangat bermanfaat

thanks broo. sangat bermanfaat

sangat bermanfaat bro,
sekian di cari akhirnya dapat juga,
thanks

Terimakasih berhasil dan mudah di pahami :)

Mau tanya bos kalo yg c ada 200 gb yg d ada 300 gb tpi yg c mw ak kurangi jd 100 gb ak pindahin ke d tnpa partisi baru gimana caranya ?

Tks Infonya Gan, sy berhasil partisi, yg awalnya hanya local disc C sekarang bs nambah...tks banyak ya Gan....

sangat baik dan bermanfaat sekali :) terima kasih
sewalaptop.id

makasih sanag bermanfaat dan sukses.....

Hardisk C (97.5GB)
Hardisk D (39.0GB)
Hardisk E (329 GB)

koleksi di D saya penuh, saya ingin menambah lebih di D dengan mengurangi C, apabila saya coba cara diatas, apakah ada suatu hardisk yg jadi korban ?? kek D atau E barangkali, makasih

#bertanyasebelummencoba

dan maksud dari step terakhir itu apa, format ????

trimakasiih.sangat membantu.sudah saya coba dan berhasil...

Makasih om tulisannya, berguna sekali untuk laptopku :)

Makasih ka cara diatas Berhasil ^_^

makasih banyak,berhasil:) sangat membantu

Kenapa kok partisinya hanya bisa 12 GB padahal saya mau bagi menjadi 100GB tapi gak bisaa?

Back To Top