Pelajaran, Teknologi, Motivasi dan Catatan

Memulai Karir menjadi Junior Web Developer

          Sesuai judul, gue bakal share pengalaman gue setelah lulus kuliah. Singkat cerita, gue udah 2x ganti tempat kerjaan, yang pertama gue di pecat dari kantor, alias ngga di lanjutin pas masa percobaan 2 bulan, di situ gue ngerasa gue bego banget sampe ngga diterusin di kantor, padahal gue udah betah kerja disitu. Yang ke dua, gue di outsourching, tapi cuma ikut bootcamp doang, trus gak lolos, hahaha. Gile kagak ? tapi untung nya gue bukan tipikal orang yang mudah menyerah. Jadi gue masih apply apply tuh jadi programmer.

         Dan sekarang gue kerja di salah satu perusahaan IT di jakarta sebagai Junior Web Developer. Wellcome to the word. Yah, kemarin masa percobaan sempet deg-deg an karena ada trauma tersendiri, gagal dimasa percobaan pada perusahaan yang pertama, tapi yaaa alhamdulillah udah kontrak dan udah bisa ngehidupin diri gue sendiri disini, yaa sama dikit2 kirim-kirim barang lah ke orang tua, biar seneng :D.

         Menjadi Junior Web Developer ya, um, yang gue rasain sih, gue seneng-seneng aja kerja sebagai programmer. Ngerjain project-project gitu pokoknya. Ada kakak senior juga yang bisa menjadi tempat gue bertanya, tapi jangan jadi manja, kita tetep harus nyari sendiri, kalo mentok baru nanya, atau kalo gue kadang nanya nya gini , "Kak, misal mau gini gini gini di google keyword nya apa yak" , trus gue cari sendiri deh, kalo bener2 dah mentok, gue bawa tuh laptop, gue tunjukin ke kakak senior, "Kak, aku udah gini gini gini kok masih engga bisa ya" .

Gue mau tulis beberapa poin yang gue pelajarin,
1. Belajar Pemrograman (jelas, itu kan kerjaan lu -_-)
     Yaa,, belajar pemrograman akan lebih cepat ketika kita menghadapi proyek. Gimana nggak cepet, deadline di depan mata bosss, mau bikin A, lu harus nyari A, nyari cara gimana biar bisa menjadi A.
     Trus, lu bakal ketemu yang namanya bug fixing, lu nggak cuma bug fixing di codingan lu, tapi lu juga bug fixing di codingan temen lu. Kalo pas dapet bug yang susah, gue demen nih, soalnya gue jadi belajar hal baru, bahkan syntax baru. Ya, meskipun paling googling dan nanya ke kakak senior. Hehehe.

2. Kerjasama
     Yes, teamwork itu sangat penting sekali. Pembagian tugas juga sangat penting dalam menjalankan project. Ada bagian System Analyst, Tester, Project Manager dan Developer lain. Lembur, ya lembur bareng.

3. Komunikasi
     Komunikasi ya, ya gitu deh, ada sesuatu berbicaralah, ada perubahan kasih tahu lah, agar kita semua ngerti . Komunikasi juga bisa menghindari dari salah paham.
     Misal ada seseorang yang menuduh si A sudah melakukan kerusakan pada aplikasi, nah tolong tuduhan itu diluruskan terlebih dahulu. Okay, gue adalah si A itu, karna waktu itu gue masih baru dan dapet ngerjain bug yang rumit(menurut gue), nah nggak sengaja codingan JS nya ketimpa sama codingan gue, gue gak ngehapus, cuma salah posisi penempatan aja, tapi ya emang gue yang salah.
     Trus, tuduhan itu malah berlanjut, jadi, gue lebih hati-hati sama codingan, trus kalo ada yang nuduh-nuduh lagi, biar gue bisa buktiin kalo gue nggak ngerusak aplikasi. Seperti itu.
     Intinya komunikasi, berbicaralah, sampaikanlah.

4. Menahan Emosi
     Namanya kita berurusan dengan orang lain, kadang-kadang menimbulkan percikan api. Janganlah mudah kebawa sama perasaan kalian. Aku cewek, dan aku juga punya perasaan, tapi jangan sampai perasaan itu menyelimuti pikiran kalian. Kendaliin emosi, terutama kalo Mens nih,, inget-inget, lagi mens, biar ngga gampang terpengaruh sama dunia luar.
     Kalo ada hal yang bikin ingin nge "gas" atau ingin marah, silahkan lakukan hal yang membuat diri kalian lebih tenang, minum kopi, berjalan-jalan ke toilet, sok-sokan nanyain rekan kerja "lu lagi ngerjain apaan" atau sok-sokan mau bantuin anak magang "ada yang bisa di bantu?".
     Dengan belajar mengendalikan emosi, kalian akan lebih bisa berfikir dengan jernih, jadi ngga akan ganggu pekerjaan kalian . Selain itu, kalian akan terlihat lebih bijak dari pada orang yang suka teriak - teriak. 


Segitu dulu, semoga bermanfaat ^_^ ,
0 Komentar untuk "Memulai Karir menjadi Junior Web Developer"
Back To Top