Pelajaran, Teknologi, Motivasi dan Catatan

Menjadi Mahasiswa Baru dan Kuliah di Amikom Yogyakarta

            Kenapa saya tertarik kuliah di Amikom ? Mmm.. bisa di bilang saya orangnya sedikit-sedikit tahu tentang komputer dan saya berniat untuk belajar ilmu komputer di Amikom, jujur aja, pada awalnya saya hanya tertarik sama brosurnya Amikom aja yang desainnya bagus, kertasnya tebel dan besar, hahaha.

             Ok, saya berniat mendaftar Amikom, saya pun mendaftar on line di website nya dan membayar uang pendaftaran sebesar Rp 150.000 via Mandiri.

             Pagi itu saya datang ke Amikom Yogyakarta, kemudian menuju ke Costumer Service untuk mengumpulkan berkas-berkas berupa FC Legalisir Ijasah, kartu pendaftaran yang sudah di print out, surat keterangan sehat dan tidak buta warna dari puskesmas tapi ada satu yang tertinggal, yakni kwitansi pembayaran di bank mandiri waktu itu, dan akhirnya saya membayar biaya pendaftaran lagi, ya sudah laah, tidak apa-apa.

             Setelah pengumpulan berkas selesai, saya mendapatkan kartu peserta untuk ujian tes tertulis (karena nem kurang dari 75 wajib tes tertulis) , tes tertulis pake komputer selesai, pengumuman dan alhamdulillah saya dinyatakan lolos dan mendapatkan beasiswa 600.000 . Saya langsung cari kos-kosan dekat masjid, dan alhamdulillah langsung mendapatkan kamar (meskipun harganya sedikit mahal).

Kuliah Umum

              Seminggu kemudian, pada hari Sabtu saya menjalankan program pertama calon maba Amikom , yakni Kuliah Umum, disini kita mendegarkan motivasi dari pemilik Amikom dan salah satu mantan mahasiswa Amikom, setelah itu di ajak muter-muter Amikom seperti masuk bioskop, studio dll.

PSU (Pelatihan Super Unggul)

               Hari Selasanya, saya mengikuti PSU (Pelatihan Super Unggul) , PSU ini sedikit tugas dan kayak training motivasi dari dosen-dosen Amikom dan ber main-main seperti anak TK untuk kenalan antara yang satu dengan lainnya . kegiatan ini cukup menghibur dan tidak menguras otak menurut saya, dan kita akan mendapatkan buku PSU yang isinya motivasi-motivasi diri sendiri untuk tahun-tahun kedepannya, dan di akhir PSU akan di adakan evaluasi on line. Eits, jangan meremehkan PSU karena ini adalah penilaian 2 sks Etika Profesi ^^, PSU ini hanya berlangsung selama 5 hari .

ITC (Introduction to Computer)

               Setelah saya regristasi Amikom, saya pun mendaftar ITC (Introduction to Computer) , ITC ini di adakan oleh UKM AMCC (Amikom Computer Club) , di laksanakan hanya 1 hari saja dari pagi sampai sore dengan 4 mata pelajaran yang di ajarkan oleh kakak-kakak AMCC yakni Computer Basic, Basic of Programming, Web Programing dan Aplication OS . Saya sebagai anak SMA, merasa gaptek dan ketinggalan banyak ilmu di sini, tapii yaa PD aja biar keliatan pinter :3 . Di sini kita akan mendapatkan sertifikat sebagai peserta ITC .

PPM atau OSPEK

                Program Amikom selanjutnya yakni PPM, PPM itu adalah ospeknya Amikom, untuk tahun 2014, disini terkumpul semua anak-anak Amikom dari gelombang khusus sampai dengan gelombang III , PPM ini di adakan oleh panitia PPM (ya iya lah) , hari pertama breefing (maaf kalo tulisannya salah) yakni menulis apa-apa yang harus di bawa buat besok, jadi kita hanya di kasih waktu dari siang sampai besok pagi untuk mencari barang-barang itu, siap-siap ajah keluar uang banyak, karena barang-barang di daerah sini biasannya udah di ambil semua sama calo-calo ospek dan harganya di 2x lipatkan, tapi tenaang, ospeknya tergolong sederhana kok. Ospek Amikom hanya berlangsung selama 2 hari, mulai pukul 5.00 pagi dan selesai pukul 5.00 sore , kita cuma dateng baris berbaris, cek barang-barang yang dibawa, duduk mendengarkan dan mendapat hiburan, trus solat makan , duduk lagi, udahh gitu aja. Ngga ada kekerasan kok ^_^ . Seksi keamanan (orang yang mendapat bagian semi militer) banyak yang tegas, yaa walaupun pernah menemukan yang galak tapi nggak tegas, tapi cuma sedikit sekali kok (menurut saya). Oh ya, PPM ini juga ada sertifikatnya, tapi katanya siih keluarnya lama, masih menunggu sertifikat PPM ^^


Foto kelas PSU bersama Bapak Emha Taufiq Luthfi, ST, M.Kom



Tag : Kuliah
44 Komentar untuk "Menjadi Mahasiswa Baru dan Kuliah di Amikom Yogyakarta"

maaf mau tanya. itu yang 75 beneran NEM apa RATA-RATA?? Kalo nem masa gede bgt??

Maaf, salah ketik yh.. maksudnya rata2 nem nya des :)

tes tulisnya tentang apa aja gan ?
makasih sebelumnya

apa aja ya ? materinya matematika dasar, logika, pengetahuan umum, bhs inggris dan komputer dasar :)

Apa kuliah d amikom bisa jadi animator?

Mau jadi animator atau bukan, tergantung diri kita sendiri , tapi salah satu perusahaan yang bekerjasama dengan Amikom ada yang namanya MSV , di sana di adakan pelatihan animasi untuk menjadi animator, tapi berbayar dan untuk mengikuti pelatihannya itu ada seleksinya. Kalau kemampuan kita sebagai Animator mumpuni, trus lolos seleksi tes perusahaan tertentu ya mungkin bisa menjadi animator, baik animator dalam negri, atau ingin menjadi animator ke luar negri seperti di Malaysia, Jepang atau Perancis misalnya :) seperti itu :)

mau tanya dong ka,ini tes tertulis di amikom formalitas doang atau emang kalo gak lulus tes tertulis tidak bisa masuk amikom?

pandangan manusia beda-beda ya, kalo menurut aku yaa maaf tes itu seperti semi formalitas, jadi di bilang hanya sebagai formalitas juga engga, atau bukan formalitas juga soal-soalnya ngga terlalu susah, tapi beberapa teman aku ada yang bilang kalau dia test 2x baru lolos masuk Amikom, pas di kuliah umum juga ada yang bilang kalo sampe ada yang tes 8x baru lolos. Untuk lebih jelasnya coba rasain deh.. :D , tapi beneran, ngga terlalu susah, soal-soalnya itu mirip-mirip kayak tes IQ .

Waktunya berapa saat tes kak ?
terus hasilnya langsung keluar gitu ?

Mas Nilai Rata Rata NEM itu nilai UN ja apa Nilai UN + NIlai UAS YAng dijumnlahkan baru di rata ratain

@Indriana : lupa aku waktunya berapa

@Ahmad Fauzilubis : Rata-rata nilai UN murni :)

MAkasih kak saya uda lulus di amikom ..... :)

OMG , *shock* kakak kelas :o , hadeeeehhh.... salam kenal kakak hahahaha...

Kakak di amikom masuk jurusan apa kalo boleh tau?:)

Kakak di amikom masuk jurusan apa kalo boleh tau?:)

Aku ? Jurusan Sistem Informasi :)

Amikom ada grup line ga ya? Terima kasih. ☺

Wah, kebetulan aku mau dftr SI jg kak. Kal, kalo di SI kok mata kuliahnya ngga ada yg pilihan kyk TI ya? Trs yg dimaksud perancangan multimedia itu apa? :)) maaf ya kak ball Tanya banyak soalnya minim info:)

This comment has been removed by the author. - Hapus
This comment has been removed by the author. - Hapus

@Vania Aristia W : waah saya kurg tahu.. setahu saya ada group facebooknya :)
@Qaharu Aulia : ada kok..mata kuliah pilihannya ada e-commerce,SIA (Sistem Informasi Akuntansi) dan multimedia.
perancangan multimedia itu yaa yang berhubungan dengan grafis, kayak membuat gambar 3D .
@ishbiru siagian : takut kenapa ? belum di coba kok, nggak sesusah SBMPTN/UM, daftar aja :D , masa kalah sebelum berperang :D SeemangArtt !!

Oh, kirain ngga ada mata kuliah pilihannya:p oh ya, kakak di amikom ambil ukm apa kalo boleh tau? Maaf ya kak kalo kepo:v

Grup Line NYa ada kakak untuk maba 2015 trims......

Ka mau nanya, ITC itu wajib diikuti yah kalo udh selesai ikut PSU?

@Qaharu Aulia > boleh tau, cek pesan yah
@Ahmad Fauzilubis > wahh saya kurang tahu ada group line apa engga..
@Amalia > ITC itu sebenernya ngga wajib, tapi di rekomendasikan ikut, lumayan lhoo bisa manbah temen, geratis, dapet sertifikat lagi :D


SEMUANYA MAAF BALAS NYA LAMA :)

Thanks kak infonya...alhamdullilah kemarin test d amikom masuk di SI hehe :)

waaahh selamat ya :) semoga sukses :)

This comment has been removed by the author. - Hapus
This comment has been removed by the author. - Hapus
This comment has been removed by the author. - Hapus

iyaa sama2 :) semoga sukses :D

Kak, permisi, saya mau tanya.....di amikom tes matdas nya itu seperti matdas sbmptn ati lebih mudah ya? Thanks

lebih mudah dari sbmptn kok, belajar aja yang latihan2 soal kayak tes IQ , seputar itu

kak, permisi mw tanya perbedaan mendasar dari teknik informatika sama sistem informasi itu apa ya kak?
masih bingung sama perbedaan kedua nya?
maaf ya kak klw anonymous :D

oh iy lupa ngucap salam tdi kak, Assalamualaikum kak :)
oh iya saya juga takut sama ujian nya kak -_- kira" soal komputer dasar nya itu gimana kak?
makasih ya kak :)

@Anonymous : katanya sih sistem Informasi lebih ke konsep, kalo Teknik Informatika lebih ke programnya, SI itu ada 5 konsentrasi , Ecommerce, SIA, Game, Creative Mulmed, Perancangan 2d kartun, kalo TI ada 3 konsentrasi, Pembrograman, Mulmed dan Jaringan.

waalaikumsalam, soal2 komputer bener2 soal dasar2 kok, soal2 secara umum aja :3

assalamualikum kak permisi mau tanya semoga cepat dibalas ya. kalo kita tes apa hasil nya akan keluar langsung atau nunggu 2 jam dulu?

Waalaikumsalam, maaf bales nya lama, hasil nya langsung keluar, trus di panggil satu satu

Ada pin bbm atau whatsapp atau fb kah kalau boleh mau nanya2 . Tolong

Fb bisa Rose Diana Daniswara

Semangat ya kakak cantik buat kualiahnya :) hehe biar membanggakan orang tua

nitip gan http://krulpress.blogspot.com/2017/02/mengenal-salah-satu-pts-terbaik-di.html

mahasiswi cewe di amikom denger denger sedikit y mbak,bener gak tuh?

Back To Top