Pelajaran, Teknologi, Motivasi dan Catatan

Cara Menghilangkan Malas Belajar



Selama hidup kita belajar, belajar ilmu, atau belajar dalam bersikap, belajar menerima kegagalan, dan lain-lain mulai dari soft skill sampai hardskill.

Waktu terus berjalan, dan jika kamu tidak memanfaatkan waktu maka waktu akan meninggalkanmu, waktu yang sudah berlalu tak dapat terulang kembali . Untuk itu waktu sangatlah penting, dan jangan pernah untuk menyia-nyiakan waktu untuk bermalas-malasan.

Dengan bermalas-malasan kita akan kehilangan sesuatu yang sangat berharga, dan itu bisa membuat diri kita tertinggal.

CEO Kaskus mengatakan,

"Enggak boleh malas untuk berbisnis, karena banyak orang di sekitar kita yang berbisnis. Karena kalau misalnya kita enggak tahu passion kita apa? Motivasi kita apa? Mau bikin apa? Itu berarti malas. Hanya kitanya saja yang malas, kita tidak tahu apa yang kita inginkan," ucap Ken kepadaOkezone,

Lantas, bagaimana sih cara menghilangkan malas belajar ?


Tidak bisa kita pungkiri bahwa sulit untuk menghilangkan sebuah kebiasan, apalagi jika kebiasaan itu udah menjadi karakter dan pola pikir .

Tetapi, jika ingin berubah, anda harus mencobanya, harus berani untuk berubah, karena dengan tidak adanya kemauan dan tindakan yang nyata, anda tidak akan pernah bisa berubah .

Menurut video Mario Teguh, yang paling pokok untuk menghilangkan malas adalah diri kita sendiri harus tahu "apa penyebab malas"


jauhkan diri anda sendiri dari apapun yang menyebabkan malas



Contohnya :

1. HP  / Gadget / Laptop

Game

Biasanya nih, mau ngerjain tugas, eh nanti dulu deh, main game dulu 1x main aja, kemudian 3x main, 10x main dan keterusan. Kemudian sadar, tugas belum selesai, mulai mengerjakan tugas, alhasil, otak sudah terlalu lelah :v , dan tidak bisa maksimal atau bahkan mungkin tertidur

Pesan / Chat

Browsing untuk mencari referensi , buka fesbuk , ada gebetan atau teman lama atau teman baru , ngajak chat, akhirnya keterusan (biasanya lebih berlaku sama yang cewek)

2. Suasana/Lingkungan yang kurang mendukung

Keluarga yang kurang harmonis

Udah ada niat buat belajar, malah kepikiran, kok keluarga aku kayak gini ya ? mamah papa kerja sampe malam, mama papa berantem, main game aja deh biar bikin suasana hati nggak kesepian lagi . Atau melakukan hal-hal lain yang kurang bermanfaat.

Suasana ruangan yang berantakan

Ya elaahh, nih rumah atau kapal pecah, sampah berserakan, sprei tidak tertata, baju tidak di lipat, benda-benda berjejer di lantai .
Buatlah suasana menjadi nyaman , seperti membaca buku di atas meja.

3. Faktor teman dan pergaulan

Teman yang suka main berlebihan

Tiap pulang sekolah main ke sana, main ke sini, belanja, ngobrol terlalu lama tanpa tahu waktu dan tempat , sehingga waktu terbuang.

Main boleh, buat refresing, aku sendiri juga butuh untuk bermain ke pantai ke gunung atau tempat wisata lainnya, tapi tahu waktu, jangan berlebihan . Kadang disini banyak yang tidak menyadarinya , namun beberapa juga ada yang sadar :)

Teman yang pergaulannya bebas

Diajak minum alkohol dan obat-obatan terlarang, awalnya coba-coba, mencoba sih boleh-boleh aja, tapi mecoba lah yang kira-kira logis dan tidak terlalu merugikan sampai menyebabkan ketagihan bahkan mendekati kematian.

Setelah ketagihan minum alkohol, fungsi otak kamu akan berkurang, itu kata salah seorang teman, jadi untuk kalian yang belum terlanjur, jangan pernah coba-coba.

Di ajak menonton atau bahkan mempraktekkan sex. Coba-coba praktek sex sama pacar, katanya buat latihan kalo uang dewasa, kalau masalah sex seperti itu manusia secara alamiah akan bisa dengan sendirinya . Kalau udah ketagihan, kinerja otak juga akan berubah, yang masih polos-polos, mendingan jangan coba-coba sebelum waktunya . Untuk rentang usia 20 tahun ke bawah sangat efektif untuk mempelajari ilmu baru .

4. Kurang adanya kemauan

Berada di zona nyaman, ah enak hidup seperti ini, bebas, malas-malasan (biasa nyaterjadi pada orang yang setelah lulusan) , ada yang menyadari untuk melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat seeperti mengasah hobby, membantu orang tua, atau bekerja. Tapi ada pula yang cuma main-main ajah. Di sini kia bisa tergiur dengan hidup nyaman dan bahagia tanpa memikirkan apapun, serasa beban berat telah hilang.

Untuk mendorong kemauan kita, kita harus memiliki MIMPI dan tempel di kamar anda, di tempat yang sekiranya mudah di lihat, minta do'a kepada orang tua agar mimpi kita tercapai . Aamiin .

5. Terlalu lelah //bahasanya alay

Fisik

Biasanya nih untuk yang sibuk-sibuk dalam berbagai kegiatan atau yang sekolah nyambi bekerja, tidak di pungkiri, kalo misal udah capek, malas pasti datang, karna tubuh ini membutuhkan istirahat, jangan terlalu di paksakan.

Pikiran dan perasaan sebut saja GALAU

Stres kuatir, cemas, dan galau karna banyak pikiran juga termasuk, membuat otak capek, tapi hal-hal yang kayak gini nih harus bisa kita hadapi, untuk menumbuhkan jiwa profesionalitas yang tinggi :) Seemaangaaatt !!

6. Jangan tiduran kecuali jika anda benar-benar ingin tidur

"Lagi ngerjain tugas nih, capek ah, udah pegel-pegel nih badan, tiduran bentaran ahhh.. " alhasil ?? anda malah tidur dan tugas tidak selesai .

Terus ?

Ya jangan tiduran, misal anda bisa berjalan keluar, atau menuju kamar mandi untuk cuci muka, serta olahraga kecill seperti lompat-lompat, push up mungkin bisa menjadi pilihan :) biar otot-otot lemas .

-----------------------------------------------------------------------------------------------------

Kemudian ,
ingat kata-kata "MALAS NO ! BERGERAK YES !" katakan TIDAK pada MALAS .

Jangan tunda hal-hal yang menurut anda kecil, karna seperti kita tahu hal-hal kecil itulah yang lama kelamaan akan menjadi besar.

Lakukan hal-hal kecil, sekecil apapun itu, jangan takut gagal. Karna apa ? "Lebih baik mencoba tapi gagal dari pada gagal mencoba" , suatu kesusesan yang besar datang dari kegagalan-kegagalan kecil .

Semoga bermanfaat ^_^
Tag : Motivasi
2 Komentar untuk "Cara Menghilangkan Malas Belajar"

penyakit males emang susah buat diilangin

iya gan, saya sendiri lagi berusaha buat ngendaliin sifat malas ini :D

Back To Top