Pelajaran, Teknologi, Motivasi dan Catatan

Rahasia Sukses Kepemimpinan

           Sukses adalah suatu kata yang sangat umum, tapi kata-kata sukses ini biasa nya dekat dengan kebahagiaan atau dengan kata lain keberhasilan . Setiap orang pasti ingin merasakan yang namanya sukses . Entah sukses di dunia, maupun di akhirat. Orang-orang pun mengatakan sukses berbeda-beda. Misal sukses menurut A adalah punya banyak uang, jalan-jalan ke luar negri, sukses menurut B, hidup sederhana , punya keluarga yang sakinah mawadah warahman , dan berbagai macam lainnya tergantung orang tersebut mengartikan sukses untuk dirinya itu sukses yang seperti apa .

           Disini hanya akan di bahas bagaimana sih rahasia suksem menjadi seorang pemimpin. Seperti kita tahu, pemimpin adalah sosok yang terpenting dalam sebuah organisasi, yang mengkoordinir anggota-anggotanya untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah di rencanakan . Meskipun diliat dengan mata kerja"fisik" pemimpin tidak terlihat begitu banyak, tapi kerja otak nya untuk membangun sebuah konsep benar-benar memakai banyak pikiran, sehingga terkadang pemimpin seperti tidak memperhatikan anggotanya, itu di karenakan dia sedang berfikir dan membutuhkan konsentrasi.


Sumber gambar : infobisnisproperti.com

         

Okey, langsung saja, di bawah ini adalah "Rahasia Sukses Kepemimpinan" :

1. Komunikasi dengan Mendengar Aktif

              Lingkaran pusat kepemimpinan adalah komunikasi . Komunikasi adalah seni atau cara untuk menyampaikan sesuatu sehingga orang lain memahami kita. Jadilah pendengar aktif, yakni pendengar yang merespon perkataan , maksud, dan perasaan lawan bicara .

2. Mewujudkan Sinergi


              Di kutip dari Prezi.com
Pengertian Sinergi adalah Membangun dan memastikan hubungan kerjasama internal yang produktif serta kemitraan yang harmonis dengan para pemangku kepentingan, untuk menghasilkan karya yang bermanfaat dan berkualitas
Tujuan Sinergi adalah mempengaruhi perilaku orang secara individu maupun kelompok saat saling berhubungan, melalui dialog dengan semua golongan, dimana persepsi, sikap dan opininya penting terhadap suatu kesuksesan
Lantas bagaimana mewujudkan sinergi itu ?

Kita harus kuat, harus percaya kalo kita bisa, dan mewujudkan tujuan .

3. Super Team

              Dalam organisasi tidak mungkin akan berhasil jika bekerja sendiri-sendiri, kita butuh kerja sama . Kerja tim akan maksimal jika kita mempunyai super team . 
mengutip dari oaseindonesia.com , berikut adalah ciri tim yang efektif : 


------------------------------------------------------------------------------------------------------
1. Tujuan yang jelas
Visi, misi, target, dan tugas didefinisikan dan diterima oleh semua orang. Setelah itu, ada rencana tindakan.
2. Informalitas
Iklim dalam tim cenderung informal, nyaman dan santai. Tidak ada ketegangan atau tanda-tanda kebosanan.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------
3. Partisipasi
Ada banyak diskusi dan semua orang didorong untuk berpartisipasi di dalamnya.
4. Mendengarkan
Anggota menggunakan teknik mendengarkan yang efektif seperti dengan bertanya, memparafrase, dan menyimpulkan kembali untuk memunculkan ide.
------------------------------------------------------------------------------------------------------
5. Ketidaksepakatan yang santun
Ketidaksepakatan wajar terjadi, tetapi tim tetap baik-baik saja dengan ini dan tidak menujukkan gelagat menghindar, mengecilkan masalah, atau menyembunyikan konflik.
6. Keputusan konsensus
Terkait keputusan-keputusan penting, tujuannya adalah substansial tetapi belum tentu bulat melalui diskusi terbuka bagi ide semua orang, menghindari voting formal, atau kompromi yang mudah.
------------------------------------------------------------------------------------------------------
7. Komunikasi terbuka
Anggota tim merasa terbuka untuk mengekspresikan perasaan mereka terkait tugas. Tidak ada agenda tersembunyi.
8. Peraturan dan tugas yang jelas
Ada ekspektasi yang jelas terkait peran yang dimainkan setiap anggota. Ketika tindakan diambil, penugasan yang jelas dibuat, diterima, dan dikerjakan. Pekerjaan didistribusikan ke seluruh anggota.
------------------------------------------------------------------------------------------------------
9. Berbagi kepemimpinan
Ketika tim memiliki pemimpin yang formal, fungsi kepemimpinan berganti dari waktu ke waktu tergantung keadaan. Pemimpin formal memberikan model perilaku yang baik dan membantu membangun norma yang positif.
10. Hubungan eksternal
Tim menghabiskan waktu membangun hubungan penting dengan dunia luar, memobilisasi sumber daya, dan membangun kredibilitas dengan pemain penting di bagian lain dalam organisasi.
------------------------------------------------------------------------------------------------------
11. Ragam gaya
Tim memiliki spektrum pemain tim yang luas, meliputi anggota yang menekankan perhatian pada tugas, penetapan target, fokus pada proses, dan mempertanyakan bagaimana tim berfungsi.
12. Menilai diri sendiri
Secara periodik, tim melakukan rehat untuk menilai seberapa baik tim telah berfungsi dan apa yang mengganggu efektivitasnya.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------

4. Ruh Perusahaan

                Menurut buku Corporate Mystic, perusahaan-perusahaan yang sukses jangka panjang di sebabkan karena manajernya sangat menjaga etika, rendah diri dan menjunjung tinggi nilai-nilai spiritual . Mereka tidak hanya menghadirkan uang, melainkan juga hati dan jiwa mereka dalam bekerja. Nasehat Ibnu Khaldun, Hati dan jiwa merupakan ruh perusahaan yang sukses .

5. Belajar dari Semut dan Kutu

                 Al-Qur'an surat An-Naml, Allah menyebutkan surat ini agar manusia mengambil pelajaran dari kehidupan semut, dari segi kerapian dan kedisiplinan . Kutu dan semut saling bekerjasama dalam hal makanan, yakni simbiosis mutualisme. 
                 Dalam bisnis, beberapa hanya pencari keuntungan dalam jangka pendek, yakni merusak kemampuan produksi atau aset milik misalnya mobil, komputer bahkan tubuh kita dan lingkungan, setelah itu kita baru menyadarinya kalau biaya memperbaiki lebih mahal daripada merusaknya .
                 Jangan mengabaikan orang yang berurusan dengan pelanggan, yaitu karyawan. Kita akan sadar jika sedikit demi sedikit pelanggan akan menghilang dan menyalahkan karyawannya. Itu tindakan yang tidak efektif. Kalo kita ingin karyawan memperlakukan pelanggan dengan baik, kita juga harus memperlakukan karyawan seperti pelanggan. 

"Anda dapat membeli tangan seseorang, tetapi tidak pernah dapat membeli hatinya. Hati adalah tempat dimana antusiasme dan loyalitas berada. Anda dapat membeli punggungnya tetapi tidak dapat membeli otaknya. Disitulah tempat dari kreativitas, kecerdasan, dan akalnya" kata Stephen R. Covey. 


sumber : 
MSuyanto.2005.SmartinLeadership.Andi:Yogyakarta 
Tag : Motivasi
2 Komentar untuk "Rahasia Sukses Kepemimpinan"

semoga kita semua sukses dunia akhirat ,,salam blogger pacitan , ingat saya???

Aamiin.. ngga inget gan, ngga inget sama sekali :p .. salam dari blogger Kebumen :D

Back To Top